Search for content, post, videos

Penyanyi RnB Solo Wanita Terbaik

ll

Musik sudah ada sejak Zaman purbakala dan dipergunakan sebagai alat untuk mengiringi upacara-upacara kepercayaan. Perubahan sejarah musik terbesar terjadi pada abad pertengahan, disebabkan terjadinya perubahan keadaan dunia yang makin meningkat. Musik tidak hanya dipergunakan untuk keperluan keagamaan, tetapi juga untuk urusan duniawi. Pada abad ke-2 dan abad ke-3 sebelum Masehi, di Tiongkok dan Mesir ada musik yang mempunyai bentuk tertentu. Dengan mendapat pengaruh dari Mesir dan Babilon, berkembanglah musik Hibrani yang kemudian berkembang menjadi musik Gereja.

Musik gereja menjadi musik tersebar diseluruh Eropa yang tumbuh berkembang dan musik instrumental maju dengan pesat setelah ada perbaikan pada alat-alat musik, misalnya biola dan cello. Kemudian timbullah alat musik Orgel. Selain timbulnya alat-alat musik, aliran musik pun terus bertambah seiring berjalan nya waktu. Banyak nya aliran musik membuat banyak orang-orang berlomba mencari tahu bakat dari aliran musik apakah yang mereka punya. Dan pada abad sekarang ini, aliran musik R&B atau RnB banyak digeluti masyarakat dunia. Tak sedikit penyanyi dunia yang menjadikan aliran musik ini sebagai karir nya di industri musik. Mungkin anda kurang paham apa jenis aliran RnB itu.

RnB (rhythm and blues) adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz, gospel, dan blues, yang pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Istilah ini pertama kali dipakai sebagai istilah pemasaran dalam musik di Amerika Serikat pada tahun 1947 oleh Jerry Wexler yang bekerja pada majalah Billboard. Istilah ini menggantikan istilah musik ras dan kategori Billboard Harlem Hit Parade pada Juni 1949. Tahun 1948, RCA Victor memasarkan musik kulit hitam dengan nama Blues and Rhythm. Frasa tersebut dibalik oleh Wexler di Atlantic Records, yang menjadi perusahaan rekaman yang memimpin bidang RnB pada tahun-tahun awal. Pada awalnya RnB berkembang dengan ciri permainan musik blues dengan irama agak cepat. Instrumen musik yang lebih dominan selain gitar adalah tenor saxophone. Dan berikut ini beberapa penyanyi dunia yang menyanyi dialiran musik RnB yang sukses dan populer.

1. Beyonce

beyonce

Keputusannya untuk berkarier mandiri memang tepat. Jebolan girlband Destiny’s Child ini sudah kenyang akan prestasi. Albumnya sudah terjual lebih dari 135 juta kopi. Sementara penghargaan yang dimenangkannya meliputi 20 Grammy, 18 MTV Video Music Awards, 18 Billboard Music Awards, 11 AMA, dsb. Kini selain sebagai penyanyi, ia unggul dibidang lain. Baik itu sebagai aktris, kompiser, produser, serta entrepreneur. Bahkan Forbes menyatakan kalau Beyonce adalah entertainer paling powerful di dunia. Ia juga masuk dalam jajaran orang paling berpengaruh versi Majalah Time.

2. Aretha Franklin

aretha-franklin-singing

Arethan “Louise” Franklin menjadi penyanyi perempuan yang menjadi ratu tangga lagu. Sampai saat ini, ia sudah menjalani dunia rekaman selama lebih dari setengah abad. Apa yang ia rilis memang selalu mengundang perhatian dan kekaguman para penggemar. Selain dijuluki sebagai “The Queen of Soul”, Aretha Franklin menjadi perempuan pertama yang dilantik dalam Rock and Roll Hall of Fame, tepatnya pada 3 januari 1987. Penghargaan prestisius lain juga kerap menyambanginya. Ia menerima penghargaan sepanjang masa dari ajang Grammy, memenangkan Presidential Medal of Freedom, menjadi Grammy Legend, dan masih banyak lagi.

3. Whitney Houston

whitey

Di luar dari kisah hidupnya yang tragis, perjalanan karier Whitney Houston memang sangat fenomenal. Guinness Book of World Records bahkan memasukan namanya sebagai seniman perempuan dengan penghargaan terbanyak, sampai 600 buah. Beberapa penghargaan yang sudah ia bawa pulang yaitu 30 Billboard Music Awards, 22 AMA, 6 Grammy, 6 World Music Awards, dsb. Majalah musik Rolling Stone menuliskan album debutnya, Whitney Houston, sebagai satu dari 500 album terkeren sepanjang masa. Belum lagi dengan single-singlenya yang masih bergema sampai sekarang. Satu diantaranya yaitu “I Will Always Love You”, yang terjual sampai 21 juta kopi.

4. Diana Ross

diana-ross-onstage

Seperti halnya Beyonce, Diana Ross juga merupakan mantan member girlband, yakni The Supremes. Sebagai vokalis utama, kiprah solonya tentu memiliki masa depan yang cerah. Hal tersebut langsung ia buktikan dengan baik, sampai-sampai dirinya menjadi satu dari penyanyi solo paling sukses dan berpengaruh sepanjang sejarah.

Bahkan Diana Ross, bersamaan dengan The Supremes, sudah dilantik dalam Rock and Roll Hall of Fame. Ia juga memenangkan GOlden Globe dan penghargaan sepanjang masa dari Grammy Awards di tahun 2002. Tak hanya itu, Guiness Book of World Records pun menyatakan kalau Diana Ross menjadi musisi perempuan tersukses sepanjang zaman.

5. Mariah Carey

gty_mariah_carey

Bicara soal vokalis perempuan terbaik, nama Mariah Carey pasti selalu masuk. Dia merupakan penyanyi perempuan dengan penjualan album terbaik sepanjang masa. Jumlahnya saja sampai menyentuh angka 200 juta kopi. Di sepanjang kariernya sampai sekarang, ia sudah mengumpulkan berbagai penghargaan berharga. Sebut saja 18 World Music Awards, 10 AMA, 5 Grammy, 32 Billboard Music AWards, dsb. Kualitas vokalnya memang tak bisa disangkal.

6. Rihanna

rihanna-singing

Robyn Rihanna Fenty aka Rihanna sudah merilis album debutnya pada tahun 2005, bertajuk “Music of the Sun”. Setahun kemudian, album keduanya lahir. Dua-duanya menghasilkan respons yang baik untuk ukuran pendatang baru. Namun barulah di album ketiga, Rihanna menyedot perhatian yang lebih luas. Demikian juga dengan single fenomenalnya, Umbrella. Dari titik kesuksesan besar itu, eksistensi Rihanna semakin melejit saja. Ia bahkan menggaet beberapa musisi dunia ternama seperti Jay-Z, Adam Levine, Paul McCartney, dsb. Ia terus menelurkan album, menghasilkan penjualan tinggi, menikmati review bagus, serta merebut berbagai penghargaan. Rihanna memboyong 8 Grammy, 8 AMA. 23 Billboard Music Awards, dsb.

7. Janet Jackson

janet-jackson

Sebagai adik dari legenda musik pop dunia, Janet Jackson tentu tak bisa lepas dari bayang-bayang sang kakak, Michael Jackson. Perlahan tapi pasti, ia bisa membuktikan kalau dirinya memang memiliki skill tersendiri. Ia memang memiliki vokal dan style yang khas. Banyak bukti yang menjadikannya sebagai satu dari seniman R&B berbakat dan berpengaruh. Janet Jackson memenangkan 6 Grammy, 33 Billboard Music Awards, 1 Golden Globe, dsb. Jika dulu ia kerap tampil terbuka, kini Janet Jackson lebih memilih outfit yang terjaga.