Search for content, post, videos

Tips Bermain Piano Bagi Pemula

piano-playing

Piano adalah sejenis alat musik dengan papan tombol yang cara memainkannya ditekan dengan menggunakan jari tangan serta dikombinasikan dengan beberapa nada sehingga membentuk harmonisasi irama yang sempurna jika didengarkan. Piano memiliki tuts berwarna putih dan hitam. Tuts tersebut menyambung ke senar sehingga dapat berbunyi dengan nyaring. Piano memiliki tuts yang lebih banyak dibandingkan dengan keyboard.

Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan piano diciptakan pada mulanya untuk permainan solo sehingga perlu untuk menjangkau nada mulai dari sangat rendah sampai nada tertinggi dengan kekayaan variasi. Sedangkan keyboard sudah dilengkapi dengan suara alat musik yang beragam di dalamnya sehingga tuts yang terdapat tidak begitu banyak. Harga keyboard lebih murah dibandingkan piano sehingga Anda bisa juga bisa menggunakan keyboard sebagai pemula. Yang terpenting adalah pemahaman Anda tentang cara bermainnya terlebih dahulu. Setelah Anda mahir, Anda bisa berunding dengan keluarga Anda untuk memiliki piano.

Baiklah, itulah sedikit tentang pemahaman piano. Mari kita masuk tentang cara mempelajari piano untuk pemula.

  • Menentukan Do Mi Sol
    Pernah mendengar Do Mi Sol? Mungkin Anda lebih sering mendengar kata Do Re Mi Fa Sol La Si Do, betul ga? Di dalam piano, untuk membentuk akor, Anda membutuhkan 3 nada dasar yakni Do-Mi-Sol yang lebih dikenal sebagai triad. Akor dibentuk dengan beberapa penyesuaian dan latihan. Untuk berlatih akor, disarankan untuk menggunakan tangan sebelah kiri saja, karena akan terasa lebih nyaman. Sebagai contoh, ketika Anda memainkan nada dasar C, maka nada perlu menekan tuts C-E-G agar menjadi sebuah akor triad yang terdengar harmoni. Anda perlu memulai untuk menggabungkan beberapa not dari masing-masing tuts agar menjadi akor yang harmonis. Untuk itu, Anda perlu mencari triad dari beberapa akor dasar.
  • Tentukan Nada Mayor dan Minor
    Seperti gitar, Anda perlu memikirkan dua nada yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor. Didalamnya Anda perlu menggunakan beberapa penggabungan yang sedikit berbeda dari yang berada di atas. Nada mayor berbeda dengan nada minor. Nada minor akan bernuansa sedih, sedangkan nada mayor akan bernuansa senang. Akan tetapi keberadaan keduanya sangat penting di dalam mengiringi sebuah lagu. Oleh sebab itu, Anda mesti memperlajari keduanya dengan baik. Tentu saja, Anda bisa mencari referensi gambar akor atau kunci dari piano baik minor maupun mayor.
  • Samakan Tangan Kanan dan Kiri
    Hal ini sangat penting dilakukan dan dipelajari bagi para pemula. Kenapa? Karena sangatlah susah untuk mengimbangi permainan piano dengan tangan kanan dan tangan kiri secara bersamaan. Sebagai contohnya, ketika Anda ingin menekan kunci E pada tangan kiri, tentu Anda perlu menekan kunci E pada tangan kanan juga. Keseimbangan perpindahan dari kedua tangan menjadi kunci dari segalanya.
  • Mempelajari lagu
    Ini menjadi hal yang tidak kalah penting. Dalam mempelajari sebuah alat musik, tentunya Anda perlu mengaplikasikan pada sebuah karya yang sudah ada yaitu lagu. Anda bisa mencari kunci dari lagu kesukaan Anda. Setelah mendapatkan kunci, Anda bisa dengan mudah mengaplikasikannya. Tapi janganlah berpikir jauh terlebih dahulu, Anda perlu mempelajari hal ini secara bertahap. Tentu saja Anda tidak dapat mempelajari instrumen permainan dalam satu hari karena latihan yang cukup lama. Oleh sebab itu, Anda perlu mempelajarinya dengan mengiringi sebagai rythm dalam sebuah lagu.

Sekian tips bermain piano untuk pemula. Semoga bermanfaat dan silahkan di share ya guys! :)