Search for content, post, videos

Yuk, Pelajari Seni Musik Lebih Dalam

o7jznd

Hallo guys, kali ini kembali lagi ya dengan mimin, pada kesempatan kali ini mimin akan membahas sedikit mengenai ilmu pembelajaran nih, apakah kalian tahu ilmu apa yang akan di berikan dalam artikel ini? Kayanya tentang musik.

Musik merupakan bunyi-bunyian yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk suatu irama dan keharmonisan lagu. Musik berasal dari suara yang dihasilkan oleh alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Penciptaan dan persembahan musik adalah suatu bentuk seni, meskipun musik adalah sebuah bentuk fenomena intuisi. Mendengarkan musik bisa meningkatkan kemampuan dalam bahasa, kreativitas dan kebahagiaan seseorang.

Musik adalah salah satu cabang seni yang di dalamnya terdapat suara/vokal, harmoni, melodi, ritme dan tempo. Musik biasa digunakan sebagai sarana mengekspresikan perasaan dan emosi seseorang. Musik merupakan salah satu cabang seni yang paling banyak diminati. Musik juga digunakan sebagai sarana hiburan yang sanagt populer saat ini. Musik terdiri dari alunan alat musik, namun banyak di antarannya yang menggunakan olah vokal.

Musik berasal dari kata music (bahasa Inggris) dan dari kata muziek (bahasa Belanda). Sedangkan dalam mitologi Yunani kuno, kata musik berasal dari nama dewa kesenian yang bernama Muse. Mendengarkan musik favorit akan membuat otak melepaskan senyawa dopamine, yaiyu senyawa yang membuat seseorang merasa bahagia. Bagi sebagian orang mendengarkan musik diyakini dapat membawa ingatan dan kenangan dari masa lalu.

Pengertian Seni Musik

31f02e90f25a9079b2124ec50408bbfd

Musik adalah bunyi yang dihasilkan dari pengolahan nada, suara, vokal, harmoni, melodi, ritme, tempo. Seni musik adalah sebuah karya yang terbentuk dari bunyi-bunyian yang memiliki nada dan harmoni yang indah. Para ahli berbeda pendapat tentang pengertian seni musik, mereka mendefinisikan musik berdasarkan pengalaman, pengetahuan, dan pemikiran mereka yang berbeda-beda. Dari semua definisi tentang musik yang telah mereka kemukakan, memiliki dasar yang kuat menurut bidang dan keahlian yang mereka miliki.

Unsur-Unsur Seni Musik

th (1)

Musik akan terdengar indah karena berbagai unsur musik yang tergabung di dalamnya. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam seni musik adalah sebagai berikut.

1. Melodi

Melodi adalah rangkaian sejumlah nada atau bunyi, yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya. Melodi merupakan bentuk ungkapan penuh atau hanya penggalan ungkapan melodi.

Melodi terdiri dari durasi, pitch, dan tone. Pitch merupakan suatu hal yang mengatur serangkaian not dengan lambang alfabet A-G. Pitch yang sering disebut sebagai timbre atau warna suara. Rangkaian not-not menjadi melodi dalam serangkaian waktu tertentu yang dinamakan durasi. Not dapat dihasilkan dari berbagai alat musik dengan warna suara yang berbeda atau disebut dengan istilah tone.

2. Ritme (Irama)

Ritme (Irama) adalah gerak yang teratur mengalir karena munculnya aksen secara tetap. Irama lebih terasa indah karena adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan bunyi. Ritme merupakan aliran ketukan dasar yang teratur mengikuti variasi gerak melodi.

Dengan mendengarkan lagu secara berulang-ulang kita dapat merasakan ritme lagu tersebut. Pola irama musik memberikan perasaan ritmis karena pada hakikatnya irama adalah penggerak perasaan yang erat hubungannya dengan gerak fisik. Ritme akan melekat dibenak penikmat musik apabila sering dilatih.

3. Birama

Birama adalah unsur seni musik berupa ketukan/ ayunan secara berulang-ulang yang datang secara teratur dalam waktu yang sama. Birama biasanya dituliskan dalam angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3, dan seterusnya. Angka pembilang (di atas tanda “/” ) menunjukan jumlah ketukan, sedangkan angka penyebut (di atas tanda “/”) menunjukan nilai nada dalam satu ketukan. Birama yang nilai penyebutnya genap dinamakan birama bainar, sedangkan birama yang penyebutnya ganjil dinamakan birama ternair.

Terdapat 2 jenis birama utama yaitu birama perduaan dan birama pertigaan yang dapat diperinci menjadi :

  • Birama perduaan bersahaja : Birama 2/4 dan 2/8
  • Birama perduaan bertingkat : Birama 4/4, 8/4, 4/8, dan 8/8
  • Birama pertigaan bersahaja : Birama 3/4 dan 3/8
  • Birama pertigaan bertingkat : Birama 6/4, 6/8, 9/4, dan 9/8

4. Harmoni

Harmoni adalah hal yang berhubungan dengan keselarasan bunyi. Secara teknis, harmoni meliputi peranan, susunan, dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk secara keseluruhan. Harmoni mempunyai elemen interval dan akor. Interval merupakan susunan nada-nada yang jika dibunyikan secara serentak akan terdengar harmonis. Akor akan mengiringi melodi lagu sebagai satu kegiatan utuh dan enak didengar.

Dengan demikian, dapat diibaratkan melodi dapat memenuhi aspek seni musik secara horizontal, sedangkan harmoni dapat memenuhi aspek hubungan nada-nada secara vertikal. Peranan harmoni akan semakin nyata ketika seorang penyanyi membawakan sebuah lagu dengan iringan alat musik. Harmoni memberi bobot, nilai dan bentuk tabuhan pada jalinan melodi. Sebuah lagu akan terdengar indah apabila memiliki harmoni yang baik.

5. Tempo

Tempo adalah hal yang berhubungan dengan cepat lambatnya gerak musik atau lagu, atau dapat dikatakan ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat permainan suatu lagu, maka semakin besar nilai tempo lagu tersebut. Tanda tempo dibagi menjadi 4 yaitu Tempo Lambat (Largo, Adagio, Grave, Lento), Tempo Sedang (Andante, Andantino, Moderato, Allegro Moderato), Tempo Cepat (Allegro, Allegretto, Presto, Vivace), Tempo Perubahan (Rit, Ritard, a.t, dan Accel, serta String).

Ukuran untuk menentukan tempo adalah beat. Beat, yaitu ketukan dasar yang menunjukkan banyaknya ketukan dalam satu menit. Misalnya, sebuah lagu memiliki beat MM70, artinya dalam satu menit terdapat 70 ketukan. MM adalah singkatan dari Metronome Malze. Metronome adalah alat pengukur tempo. Malze (1815) diambil dari nama pencipta alat ini.

Macam-Macam Seni Musik

seni-musik

Seorang musisi dapat mengungkapkan ekspresinya jiwanya lewat seni musik, terlebih dengan kebebasan berkarya di zaman yang serba modern ini. Sehingga terciptalah genre atau aliran di dalam seni musik itu sendiri. kemudian masing-masing aliran musik tersebut terbagi menjadi beberapa sub-genre. Hal merupakan ilmu yang dipelajari dan digunakan oleh para ahli musik dunia dalam mengkategorikan jenis musik secara subjektif. Genre musik yang populer adalah pop, rock, K-pop, hip hop, R&B dan jazz.

Fungsi Musik

a9jvO1Fw_400x400

Sebagai media pendidikan, musik digunakan dalam proses belajar mengajar. Musik berperan penting dalam pembentukan pola pikir yang kreatif. Musik nusantara berfungsi untuk menanamkan budi pekerti yang baik. Sedangkan sebagai media hiburan musik nusantar menempati ruang yang paling banyak, mulai dari musik daerah hingga musik modern, banyak digunakan sebagai sarana hiburan untuk melepas kepenatan karena aktivitas dan kesibukan sehari-hari.

Orang yang sering mendengarkan musik lebih pintar dan cerdas secara emosional daripada mereka yang tidak. Mendengarkan musik favorit antara jam 6 sampai jam 9 pagi dapat meningkatkan mood menjadi bagus. Sebagai media penghargaan musik dapat dinikmati karena unsur keindahan yang ada didalamnya. Namun kebanyakan musi yang mendapat apresiasi merupakan musik barat. Penyebabnya masih kurangnya apresiasi masyarakat Indonesia terhadap musik Nusantara.

Nah, itulah postingan mimin kali ini tentang Pengertian, Fungsi dan Unsur-Unsur Musik, semoga ilmunya dapat bermanfaat. Apabila masih ada yang belum dimengerti, sahabat bisa menanyakannya melalui kotak komentar di bawah ini ya.