Search for content, post, videos

Wow!! Gitaris Terkenal Ini Ternyata Tidak Dapat Membaca Not Musik!

gitaris 4

Bagi musisi dunia, notasi musik telah menjadi sarapan mereka sehari-hari. Pemahaman dalam membaca notasi angka ataupun notasi balok merupakan hal yang sudah biasa untuk mereka. Namun, tetap juga ada beberapa dari mereka yang memahami musik tidak menggunakan olah mata. Mereka lebih menggunakan rasa dan perasaan dalam diri mereka sendiri untuk menciptakan alunan musik yang indah. Seperti contohnya ada beberapa gitaris yang tidak dapat membaca notasi musik.

Namun, para gitaris tersebut telah tenar dan bahkan sudah tidak asing di telinga kita lagi. Mereka telah membuktikkan bahwa belajar musik secara otodidak itu ternyata bukanlah sebuah hal yang tidak mungkin. Penasaran dengan mereka? Yuk, kita ulas satu per satu!

1. JOHN LENNON

gitaris 1

Sapa yang tidak kenal dengan gitaris pentolan asal grup legendaris The Beatles ini. Yap, John Lennon berasa dari kota Liverpool menjelma menjadi idola dunia pada masanya. Bahkan kepiawaian serta popularitasnya membuat John Lennon cs tidak terlupakan hingga sekarang. Nah, yang menariknya, meski semua pecinta musik sadar bahwa dia merupakan gitaris yang handal ternyata John tidak dapat membaca not balok. Bahkan bukan hanya dia saja, John juga mengungkapkan semua teman-temannya juga tidak dapat membaca notasi musik.

2. JIMI HENDRIX

gitaris 2

Johnny Allen Hendrix alias Jimi Hendrix telah menjelma menjadi raja gitar yang pernah ada di bumi ini. Jimi yang merupakan anak didik Larry Lee dan James Nixon, ternyata tidak dapat membaca notasi musik atau not balok. “Sepenuhnya Jimi belajar secara otodidak, kelemahan dia dalam membaca notasi membuatnya lebih berkonsentrasi pada musik yang didengarkannya,” ungkap seseorang seperti ditulis di biografi resmi Jimi.

3. ERIC CLAPTON

gitaris 3

Eric mencatatkan dirinya untuk berada di jajaran gitaris yang telah melegenda. Tetapi, yang menjadi hal unik dari dirinya adalah ketidakmampuannya dalam membaca notasi musik. Dia mengaku jika musik yang dipelajarinya selama ini secara otodidak dan tidak secara formal. Ketika menjadi bintang tamu dalam sebuah acara, dia memberitahukan bahwa dia sangat gugup ketika manggung bersama dengan pemusik lainnya yang dapat membaca kertas notasi musik dengan baik.

4. SLASH

gitaris 4

Slash merupakan gitaris yang paling diidolakan di masanya. Kepiawaiannya dalam mengolah gitar terlihat saat bersama Gun n’ Roses atau bersolo karir. Di samping itu, ternyata Slash tidak bisa membaca notasi musik. Dia bangga dengan bakat yang dimilikinya ini. Dia memberitahukan dia mencoba untuk menciptakan not berdasarkan apa yang didengarnya dan langsung menggerakkan tangannya bersama gitar.

5. JAMES HETFIELD

gitaris 5

Frontman dari Metallica ini telah mengenal gitar saat masih kecil. Menurutnya, gitar merupakan aktivitas dia sehari-hari. Tidak dapat membaca notasi musik sempat membuatnya kesusahan, pasalnya ada momen dimana dia harus berkolaborasi dengan musik oskestra. James mengaku dia harus memberi contoh nada lagu dari “Nothing Else Matter” kepada para musisi orkestra yang akan berkolaborasi dengannya.

6. DAVE MUSTAINE

gitaris 6

Dave Mustaine menjadi gitaris yang membuktikkan dirinya, pasalnya dia dapat menjadi gitaris terkenal tanpa mengikuti kursus musik apapun. Lahir dengan keluarga yang pas-pasan tidak membuatnya putus asa untuk belajar apa yang menjadi tujuan masa depannya. Dia mengungkapkan dia belajar semuanya sendiri tanpa harus mempermasalahkan untuk tidak dapat membaca notasi musik.