Search for content, post, videos

Pengaruh Musik Di Dalam Kehidupan

headset

Efek Musik ternyata menguntungkan pada kesehatan mental setelah dikenal selama ribuan tahun. Filsafat kuno dari Plato menyanyikan puji-pujian musik untuk raja-raja Israel dan menggunakannya untuk menenangkan stres. Beragam band menggunakan musik untuk membangun keberanian dan kepercayaan diri. Acara olahraga menyediakan musik untuk membangkitkan semangat. Anak-anak sekolah menggunakan musik untuk menghafal ABC mereka. Pusat perbelanjaan memainkan musik untuk menarik konsumen dan membuat mereka tetap di toko. Dokter gigi menggunakan musik untuk membantu menenangkan saraf pasien. Penelitian modern mendukung kebijaksanaan konvensional atas musik sebagai manfaat suasana hati dan keyakinan.

Meskipun perbedaan-perbedaan ini, ada beberapa tanggapan umum untuk musik. Bayi menyukai musik sebagai pengantar tidur. Akan tetapi Beberapa jenis musik membuat hampir semua orang merasa lebih buruk, bahkan ketika seseorang mengatakan dalam sebuah studi dari 144 orang dewasa dan remaja yang mendengarkan 4 jenis musik, musik grunge menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam permusuhan, kesedihan, ketegangan dan kelelahan di seluruh kelompok. Dalam studi lain, mahasiswa melaporkan bahwa pop, rock, oldies, dan musik klasik membantu mereka untuk merasa lebih bahagia dan lebih optimis, ramah, santai dan tenang.

  • Musik untuk perhatian dan belajar

Setiap orang yang telah belajar ABC tahu bahwa lebih mudah untuk menghafal daftar tersebut jika sudah diatur dengan musik. Penelitian ilmiah mendukung pengalaman umum bahwa pasangan musik dengan irama dan pitch dapt meningkatkan pembelajaran dan daya ingat. Musik membantu anak-anak dan remaja dalam masalah perhatian dengan beberapa cara. Pertama, dapat digunakan sebagai imbalan untuk perilaku yang diinginkan. Misalnya, untuk memberikan perhatian kepada pekerjaan rumah selama 10 menit, seorang anak bisa dihargai dengan kesempatan untuk mendengarkan musik selama 5 menit. Kedua, dapat digunakan untuk membantu meningkatkan perhatian terhadap tugas-tugas akademik “membosankan” seperti menggunakan lagu-lagu dan irama untuk meningkatkan minat dari daftar untuk dihafalkan. Instrumental musik untuk meningkatkan perhatian dan penalaran. Ketiga, musik isyarat dapat digunakan untuk membantu mengatur kegiatan seperti untuk salah satu jenis aktivitas (makan) dan ketika tidur. Keempat, studi menunjukkan bahwa musik yang menenangkan dapat membuktikan perilaku sosial yang baik dan mengurangi perilaku impulsif.

  • Musik untuk mengurangi kecemasan

Banyak orang yang menganggap musik akrab untuk menghibur dan menenangkan. Pada kenyataannya, musik sangat efektif dalam mengurangi kecemasan, itu sering digunakan dalam dunia dokter gigi, prabedah, dan pengaturan terapi radiasi untuk membantu pasien-pasien mengatasi kekhawatiran mereka. Musik membantu mengurangi kecemasan tua, ibu baru dan anak-anak. Kemampuan musik untuk mengusir kekhawatiran dapat digambarkan dalam lirik Rogers and Hammerstein,

“Whenever I feel afraid, I hold my head erect
And whistle a happy tune, so no one will suspect I’m afraid…
And every single time,
the happiness in the tune convinces me that I’m not afraid.”

Apapun jenis musik santai, musik yang tenang dapat berkontribusi terhadap suasana hati untuk lebih tenang. Musik tenang bisa dikombinasi dengan terapi kognitif untuk menurunkan kecemasan bahkan lebih efektif daripada terapi sendirian.

  • Musik untuk meningkatkan suasana hati

Analisis dari studi musik terhadap depresi menyimpulkan bahwa terapi musik tidak hanya dapat diterima untuk pasien yang depresi, tapi itu benar-benar membantu memperbaiki suasana hati mereka. Musik telah terbukti bermanfaat dalam membantu pasien dengan penyakit serius seperti kanker, luka bakar, dan lainnya.

  • Musik sebagai pengiring tidur

Banyak orang mendengarkan musik untuk membantu mereka tertidur. Praktek ini didukung oleh berbbagai studi. Jangalah mencoba untuk mendengarkan musik dansa yang ramai atau meriah sebelum Anda tidur. Jika Anda mencoba untuk bangun di pagi hari, putarlah musik tempo cepat sebagai pengantar tidur.

  • Musik untuk mencegah stres

Sejak zaman kuno, telah diketahui bahwa beberapa jenis musik dapat membantu menenangkan stres. Latar belakang dari musik dapat menenangkan secara signifikan untuk mengurangi iritabilitas dan memberikan ketenangan pada pasien lansia di panti jompo yang menderita demensia. Musik, secara luas dipilih untuk menurunkan kadar hormon stres. Di sisi lain, setiap orang tua dari seorang remaja tahu bahwa beberapa jenis musik, terutama pada volume tinggi, dapat menyebabkan stres. Pilihlah musik yang baik seperti Anda memilih makanan dan teman Anda.