Search for content, post, videos

Inilah Manfaat Rahasia Dari Musik

manfaat-musik

Musik sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan di dalam kehidupan sehari-hari, seperti kata orang-orang dengan musik hidup menjadi lebih berwarna. Musik bukan hanya bertugas sebagai bentuk di dalam hiburan dan pelipur lara ketika hati sedang kacau, musik juga bisa menjadi sebuah ekspresi emosi seseorang.

Ketika kata-kata lebih sulit diungkapkan, maka musik dan syair lagu bisa menjadi media untuk mengungkapkan isi hati. Musik yang didengarkan bisa mewakili kondisi emosi yang sedang dialami saat ini. Selain hal itu, musik juga bisa menjadi media dalam memberikan informasi dan media komunikasi.

Berikut ini adalah manfaat mendengarkan musik dalam kehidupan sehari-hari :

1. Musik mampu memperbaiki Suasana hati

Manfaat mendengarkan musik yang pertama adalah untuk memperbaiki suasana hati. Dengan mendengarkan musik kadar seretonin di dalam otak mengalami peningkatan, sehingga suasana hati lebih rileks dan bahagia. Selain itu, sebuah studi mengungkapkan bahwa aktivitas untuk mendengarkan musik yang disukai mampu mendorong pelepasan hormon dopamin untuk bisa memberi efek bahagia pada diri seseorang.

2. Membantu menstimulasi sel otak

Manfaat lain dari mendengarkan musik adalah membantu menstimulasi sel otak sehingga otak bisa lebih fokus dan konsentrasi pun menjadi meningkat. Bahkan ketika mendengarkan musik juga diketahui mampu menurunkan resiko seseorang mengalami Alzheimer yang ditandai dengan gejala penurunan daya ingat. Aktivitas mendengarkan musik nyatanya mampu meningkatkan fungsi kerja otak sehingga bisa melakukan fungsinya secara optimal.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

Jika Anda mengalami gangguan atau susah tidur, maka mendengarkan musik bisa menjadi salah satu solusi yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Saat mendengarkan musik, pikiran akan lebih tenang dan tubuh lebih rileks sehingga lebih mudah untuk terlelap.

4. Membantu meningkatkan produktivitas kerja

Mendengarkan musik bisa membantu seseorang meningkatkan optimismenya sehingga mampu meningkatkan produktivitas kerja. Mood yang positif yang terbentuk ketika mendengarkan musik bisa berpengaruh pada rasa percaya diri dan sikap optimis dalam menjalani rutinitas pekerjaan sehingga lebih produktif.

5. Mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa

Meski tampaknya sepele, namun mendengarkan musik ternyata juga bisa memberikan pengaruh yang positif pada kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Selain dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh juga bisa dipengaruhi oleh aktivitas mendengarkan musik.
  • Mengurangi rasa sakit
    Saat mendengarkan musik terjadi pelepasan hormon endorphin yang mampu mengurangi rasa sakit secara alami. Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan mendengarkan musik, rasa sakit bisa berkurang hingga 21 persen.
  • Manfaat untuk jantung
    Kondisi tubuh yang lebih rileks saat mendengarkan musik bisa memberikan pengaruh positif pada kesehatan jantung, dimana denyut jantung dan tekanan darah bisa berfungsi secara normal. Sehingga resiko penyakit jantung, stroke dan hipertensi bisa berkurang.
  • Menghilangkan stress
    Saat Anda mendengarkan musik tingkat stress akan menurun, demikian juga ketika Anda memainkan alat musik. Bermain musik bisa menjadi media untuk refreshing dengan cara yang sederhana sehingga mampu menghilangkan segala kepenatan yang ada dalam pikiran Anda. Sebuah studi menyebutkan bahwa bermain alat musik selama 1 jam bisa menurunkan tingkat stress dan jika dilakukan secara rutin bisa menurunkan resiko munculnya stress. Kemampuan bermain alat musik juga bisa berpengaruh pada kinerja otak, dimana otak kanan dan otak kiri aktif secara bersamaan. Sehingga otak bisa berfungsi secara lebih baik dan lebih cerdas.

Berikut adalah beberapa manfaat dari musik yang ternyata memberikan manfaat lebih. Nah, sudahkan anda mendengar musik untuk hari ini??