Search for content, post, videos

Band ABBA, Sejarah Terbentuknya Hingga Pembubarannya

abba

Siapa yang gak tau ABBA? Semua pastinya tau dong tentang Grup Band yang sudah melegenda ini. Tapi tidak usah khawatir, jika kamu belum mengenal grup band ini, saya akan mengulas tentang grup legenda ini. Yuk simak guys!

ABBA dibentuk di Stockholm, Swedia tahun 1972 oleh Benny Andersson, Bjorn Ulvaeus, Agnetha Faltskog dan Anni-frid Lyngstad. Nama ABBA adalah singkatan yang diambil dari susunan huruf pertama dari keempat personilnya.

Sebelum membentuk ABBA, keempat personil ABBA sudah dikenal publik musik Swedia. Benny adalah vokalis sekaligus keyboardist dari Hep Stars sementara Bjorn adalah gitaris grup Hootenanny Singers.

Si cantik Agnetha sendiri mulai meraih ketenaran saat mendapat perannya sebagai Mary Magdalene dalam drama musikal Jesus Christ Superstar. Sementara Anni-Frid adalah penyanyi jazz yang terkenal setelah memenangkan festival tingkat nasional di Swedia sana.

Kepopuleran ABBA pun dimulai saat mereka tampil dalam Eurovision kontes walaupun saat itu mereka hanya berada di peringkat 3 saja. Lagu mereka Ring, menjadi hits yang diminati para pendengar. Tahun berikutnya mereka mencoba keberuntungan lagi di Eurovision dan kali ini mereka berhasil meraih peringkat pertama dengan lagu berjudul Waterloo.

Tahun 1975, mereka merilis S.O.S yang akhirnya menjadi sangat hits tidak hanya di Amerika dan Inggris, namun juga di Spanyol dan juga Jerman. Serangkaian hits yang dirilis kemudian seperti I Do, I Do, I Do, Mamma Mia dan Fernando menyusul setelah kesuksesan S.O.S ini.

Di tahun 1976, ABBA merilis mahakarya Dancing Queen, ekspor terbesar dari Swedia yang penjualan albumnya dapat membuat mereka lebih kaya daripada pabrik mobil Volvo. “Dancing Queen” meloncat ke urutan paling atas dari urutan lagu seluruh negara. ABBA berubah menjadi konlomerasi yang menanam modal dimana-mana, termasuk pabrik sepeda dan galeri seni.

Musik ABBA disebut “Europop” yang sangat jauh berbeda dengan lagu-lagu pop pada umumnya. Anni-Frid bersuara mezzo, Agnetha soprano, sehingga campuran dari vokal mereka terdengar sangat indah. Tidak seperti grup pop lain yang merekam puluhan lagu untuk diciutkan menjadi album, ABBA hanya menulis 12 lagu dalam setahun.

Tahun 1978, Benny dan Anni-Frid menikah, sedangkan Agnetha dan Bjorn bercerai dua bulan kemudian (mereka menikah di tahun 1971). Namun, tiga tahun kemudian (1981) giliran Benny dan Anni-Frid yang bercerai. Keretakan hubungan pribadi dua pasangan ini berdampak langsung pada kehancuran ABBA. Mereka mencoba untuk bertahan dan berencana untuk merilis album Opus 10 tahun 1986, tetapi batal. ABBA resmi bubar ketika label mereka, Polar dijual ke Polydor tahun 1990.

Setelah bubarnya grup super ini, masing-masing personel disibukkan dalam kegiatan bermusik mereka sendiri. Meskipun begitu, tidak satupun dari mereka mampu mengulang kesuksesan ABBA. Meskipun begitu, popularitas ABBA sendiri tidak mati dengan bubarnya dari grup mereka. Lagu-lagu mereka masih saja dibawakan ulang oleh grup atau penyanyi lain hingga saat ini.