Search for content, post, videos

Ternyata Ini Alasannya Film Bollywood Selalu Menampilkan Tarian Dan Nyanyian

1

Apakah kamu termasuk penggemar film India? Kalau iya, pasti tau dong yang khas dari film Bollywood? Ya, nyanyian dan tariannya. Bollywood adalah produsen film terbesar di India sekaligus salah satu produsen film terbesar di dunia. Salah satu yang cukup identik dengan adegan dalam film Bollywood adalah tarian dan nyanyian. Biasanya ada satu scene, di mana pemeran film bernyanyi dan menari.

Bahkan mungkin bagi orang Indonesia sering berseloroh film India sangat khas dengan adegan berkejaran di taman sambil bernyanyi lagu romantis. Tapi tahukah kamu mengapa film atau serial India sering menyertakan nyanyian dan tarian? Rupa-rupanya nih guys masyarakat India ternyata sudah sangat dekat dengan musik. Wah tak heran ya bila film nya banyak yang bergenre musikal.

shahrukh-khan

Alasan Film India Selalu Ada Tarian

Bagi masyarkat India musik dianggap sebagai identitas nasional. Begitupula dengan tarian, negara India memiliki berbagai tarian indah, mulai tarian rakyat, tarian klasik, hingga tarian sosial. Sejarah mencatat, film Bollywood pertama yang sudah disertai suara menampilkan lebih banyak nyanyian ketimbang dialog.

Sebanyak tujuh lagu diputar dalam film hitam-putih bergenre drama yang diputar pada 1931 itu. Saat film hitam-putih masih berjaya, lagu dan tarian lebih disukai daripada jalan ceritanya. Pada era film hitam-putih, lagu dan tarian lebih diminati ketimbang filmnya. Masyarakat datang ke bioskop lebih mengincar lagu-lagunya daripada menonton filmnya. Tariannya pun diapresiasi besar-besaran. Contoh lagu yang hits adalah Aplam Chaplam oleh Azaad pada tahun 1955.

Di era 1970-an, masyarakat India umumnya sudah memiliki televisi di rumah masing-masing sehingga akses terhadap lagu menjadi mudah karena lagu sudah jamak tayang di televisi. Di era yang tampilannya sudah berwarna ini, musik tetap disisipkan di dalam movie dengan fungsi sebagai alat marketing untuk menarik perhatian khalayak terhadap film. Nyanyian dan tarian ini di film Bollywood ini sudah semacam ciuman pada film Hollywood.

Kini, lagu dan tarian pun sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam film-film produksi india. Tanpa keduanya, hubungan antar tokoh seakan tidak lengkap dan tidak akan tergambarkan secara sempurna. Pendapat Abhishek Badiyala menyebut, beberapa produser sempat membuat film yang berbeda dari biasanya dan sempat sukses, namun itu tidak masuk dalam box office yang telah mengenal khas dari film India. Selain itu, adanya lagu dan tarian merupakan hiburan yang dicari warga India. Warga justru tidak tertarik menonton film yang lebih mengedepankan unsur pemaknaan dan seni.

2

Lalu mengapa musik dan tarian hingga kini masih bertahan?

Alasannya adalah tradisi yang bercampur dengan marketing. Musik dan tarian dianggap oleh produser film sebagai alat marketing menarik perhatian publik.

Keduanya tidak bisa lepas dari Bollywood, sebagaimana adegan c1uman dalam film Hollywood. Hal ini diamini oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh. Dalam wawancaranya bersama sebuah media online, ia mengatakan musik dan tari adalah unsur penting dalam perfilman India. “Di Bollywood menari dan menyanyi itu mempersentasikan budaya india, hal ini mencontohkan imajinasi dari bangsa India itu sendiri,” kata Gurjit.

“Musik menjadi bagian penting dalam film Bollywood, selain menghibur, musik juga menceritakan isi film itu sendiri,” imbuh Gurjit. Ia juga mengatakan tarian dan nyanyian sudah menjadi cara masyarakat India mengharmonisasikan setiap hidup mereka. Tetapi bukan berarti di setiap kegiatan harus diselingi tari dan nyanyian. “Dan pula harmonisasi antara keindahan, dan culture bangsa India sendiri. Jadi untuk mimpi meraka melakukan harmonisasi dalam kehidupan, dan itu diterangkan dalam film-film india,” tutup Gurjit.

Nah, itulah guys kenapa film Bollywood selalu memakai tarian dan nyanyian nya saat beradu akting di layar kaca. Walaupun kadang sedikit lebay tapi sangat romantis yakan guys. Nih sebagai bonus nya mimin kasih cuplikan video tarian dan nyanyian di film Bollywood yang banyak di sukai oleh penonton dan juga romantis.