Search for content, post, videos

Langkah Cepat Untuk Mengurangi Demam Panggung

wVDS6tI2cCwiCwnor44A6ra7xVv

Salam musicians..! Artikel yang kami rangkum kali ini sangat bermanfaat agar kalian dapat tampil optimal di atas panggung. Maka untuk itu kita perlu memposisikan penonton sebagai kawan serta menikmati seluruh bagian perform untuk terus menghasilkan penampilan secara positif.

Sebenarnya, demam panggung adalah hal yang lumrah dan dapat dialami oleh siapapun ketika harus melalukan sesuatu di depan umum baik itu dalam bentuk pidato, bermain musik, sulap, menari dan lain-lainnya. Wujudnya dapat membuat gemetaran, mulas, keringat dingin hingga mengganggu daya ingat. Hal ini menunjukkan bahwa kita ini adalah manusia normal.

maxresdefault

Kunci utamanya adalah jangan menjadikannya sebagai musuh. Anggaplah ini sebagai ‘teman setia’ di saat manggung. Nah, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan demam panggung. Mau tau apa saja itu? Yuk, kita lihat di bawah:

1. Latihan maksimal

Semakin banyak kemampuan yang diasah dalam sesi latihan maka akan semakin baik pula kemampuan yang akan dihasilkan ketika tampil di atas pentas. Tampilkan semaksimal mungkin ketika berada di latihan dalam penguasaan lagu. Artinya, di saat latihan diwajibkan untuk meminimalkan seluruh kekurangan atau kesalahan yang terjadi. Semakin sempurna, makan akan semakin bagus untuk menampilkan seluruh kemampuan ketika manggung. Jika terdapat kesalahaan, fokuslah untuk mengatasinya bagian tersulit tersebut.

2. Pilih lagu yang sesuai kemampuan

Terkadang ada beberapa pemain musik yang mau mendapat pengakuan. Hal itu membuat mereka menunjukkan bakatnya dengan memilih lagu atau musik yang sangat susah untuk ditampilkan. Sebenarnya, yang menjadi kunci sukses dari seorang pemusik bukanlah kesusahan lirik lagu yang ditampilkan. Akan tetapi, yang ingin dilihat adalah permainan musik yang indah. Kuncinya pilihlah lagu yang mudah untuk dikuasai sehingga dapat dengan mudah untuk mengontrol lagu tersebut ketika timbulnya grogi disaat permainan di atas pentas.

3. Latihan di depan penonton

Disaat mendekati hari pementasan, biasanya akan diwajibkan untuk dilakukannya gladi bersih. Ini memberi poin ekstra kepada pemain dalam meningkatkan mental dan permainannya yang akan ditampilkan. Di dalam tahan ini, ajak lah keluarga atau teman-teman untuk menyaksikan anda bermain. Pertunjukkan permainan lagu serta gerakan tubuh anda kepada mereka. Semakin sering simulasi konser dimainkan, maka akan semakin terbiasa anda nantinya dalam memainkannya di pertunjukkan tersebut.

4. Nonton konser

Menonton konser dari musisi lain akan membiasakan diri anda untuk susasana konser. Kalau bisa, pilihlah kursi paling depan untuk memudahkan anda melihat dengan jelas bagaimana rasanya berada di atas pentas. Anda akan disadarkan dengan jelas bahwa musisi sehebat apapun dapat tampil tidak sempurna disaat manggung. Hal meleset itu akan dianggap biasa, yang penting kualitas musiknya secara kesuluruhan.

5. Tiba di lokasi konser lebih cepat

Senantiasalah untuk tiba di lokasi konser lebih awal. Ini akan memberikan anda persiapan yang cukup untuk memberikan penampilan terbaik. Lakukan semua persiapan yang maksimal baik itu dari busana dan lakukan cek sound sebelum penonton datang. Hal ini akan membantu anda untuk tidak gugup nantinya.

6. Terima setiap kesalahan yang terdapat

Setiap musisi pasti takut untuk melakukan kesalahan ketika manggung. Jika anda dapat menerima kenyataan bahwa nantinya di atas pentas terdapat kesalahan, ini dapat mengurangi rasa tekanan yang ada. Kedepannya juga anda tidak akan terkejut atau panik saat mendapati kesalahan yang dilakukan. Namun perlu diingat, hal ini bukan berarti harus menurunkan kualitas permainan anda ya. Tetap usahakan untuk tidak melakukan kesalahan diatas pentas.

Jika terjadi kesalahan seperti permainan piano dalam memencet tuts, janganlah berhenti. Tetap saja enjoy dan lanjutkan ke bar-bar berikutnya. Jangan menggelengkan kepala ataupun menunjukkan gerakan tubuh yang menunjukkan anda salah. Tetap diam saja dan lanjutkan permainan. Kemungkinan besar penonton tidak akan tahu anda salah ketika anda tidak menunjukkannya dengan bahasa tubuh.

Meskipun anda mendadak lupa parah akan serangkaian not selanjutnya, lompatlah ke frase atau bagian berikutnya dengan jelas. Untuk Pianis solo, kelalahan yang panjang pastinya akan jelas ketahuan oleh penonton. Tapi tetaplah santai dan maju ke bar selanjutnya. Jika lupa terus menerus di tempat yang sama, tetap tenang dan hentikan upaya untuk mengingat-ingat. Sudahi saja permainan lagu dan mainkan ke lagu berikutnya, jika lagu sudah habis maka sudahi saja pertunjukkan anda.

7. Anggap penonton sebagai keluarga sendiri

Tujuan utama penonton datang ke konser adalah untuk mendengar musik yang bagus bukan untuk menghitung kesalahan yang diperbuat. Tentunya yang penonton inginkan adalah musik yang bagus yang diberikan musisi. Sadarilah kehadiran penonton dan anggap mereka sebagai keluarga sendiri yang mendukung anda untuk tampil lebih baik lagi bukan untuk menjatuhkan anda.

Sekian tips yang dapat kami berikan untuk anda. Ingatlah kunci kesuksesan permainan adalah menyuguhkan permainan indah yang anda kuasai. Setiap manusia pasti memiliki kesalahan dalam permainan, janganlah terlalu menekan permainan jika anda melakukan kesalahan. Nikmati apa yang menjadi ciri khas anda dan suguhkan buat penonton!