Search for content, post, videos

Tips Mengatasi Tremolo Up-Down Pada Gitar Elektrik Yang Fals

tremolo

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna gitar Tremolo Up-Down adalah seringnya Fals atau bahasa kerennya adalah “Out of Tone” saat Tremolo dimainkan.

Pada dasarnya hal ini disebabkan karena satu penyebab yaitu posisi pada gitar bridge tidak bisa kembali pada posisi semula saat kita memainkan tremolo tersebut. Saat tremolo di down, nada menjadi cenderung menjadi rendah dan pada saat tremolo di up maka nada akan menjadi lebih tinggi.

Banyak yang mengatakan bahwa hal inilah yang menjadi risiko yang ditanggung bagi gitaris yang memiliki gitar murah. Namun, sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya benar. Intinya hanya satu yaitu bagaimana sang pemain gitar mampu menyeimbangkan antara kekuatan senar dengan kekuatan pegas yang ada pada gitar.

Satu hal yang perlu diketahui, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya gunakalah senar yang berkualitas. Senar juga sangat berpengaruh pada hal ini. Selain kualitas senar, hal yang paling penting juga untuk Anda ketahui adalah kualitas dari per atau pegas gitar. Disarankan untuk sebaiknya tidak menggunakan per yang betul-betul lentur dan jangan terlalu keras. Lebih baik menggunakan per yang lentur sebanyak 3 buah daripada menggunakan per yang keras sebanyak 2 buah.

Bagaimana mengatasi hal tersebut? Intinya adalah bagaiman Anda memasang senar untuk itu. Silahkan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Lepaskan Locking Nut, lalu kendorkan terlebih dahulu senar gitar Anda, kalau perlu ganti dengan senar yang baru.

2. Tekan bagian tremolo (down) sampai bagian belakang betul-betul menukik ke atas, kemudian janggal dengan menggunakan sesuatu. Biasanya dapat menggunakan majalah, hal ini bertujuan agar posisi Bridge tidak tenggelam ke dalam saat kita melakukan proses pemasangan senar. Usahakan saat Anda mengganjal bridge, pastikan posisinya jadi datar, tidak menukik ke atas maupun ke bawah.

3. Selanjutnya, silahkan Anda ganti dan pasang seluruh senar.

4. Lakukan tuning atau setem kembali gitar Anda.

5. Lepaskan pengganjal yang telah Anda pasang sebelumnya. Hal yang paling penting untuk diperhatikan disini adalah sat melepas pengganjalnya. Pastikan bahwa posisi bridge dalam keadaan mendatar, jangan menukik ke bawah maupun ke atas. Jika hal itu terjadi, Anda bisa melakukan penyeteman terhadap per-nya. Jika menukik ke atas itu artinya senar menarik terlalu kuat, maka silahkan Anda kencangkan bagian per-nya, begitu juga dengan sebaliknya.

6. Jika dirasa sudah normal, untuk langkah terakhit, kuatkan kembali locking nut.

Jika langkah tersebut masih belum berhasil, berarti ada yang bermasalah dengan bridge gitar Anda.

Periksalah bagian tersebut, khususnya pada bagian penjepitnya, di situ ada 2 buah mur. Perhatikan dengan seksama dan pastikan bahwa keduanya telah seimbang. Jangan sampai ada satu penjepit yang posisinnya lebih rendah atau lebih tinggi. Karena terkadang kita lupa akan hal tersebut. Apalagi jika kita sedang asyik untuk menentukan jarak atau ketinggian senar ke fret board. Maka dari itu, perhatikan dengan seksama karena meskipun langkah di atas telah diterapkan secara benar, jika kedua penjepit bridge gitar tidak seimbang maka dapat dipastikan cara diatas tidak akan berhasil.