Search for content, post, videos

Tips Dasar Bermain Gitar

gitaris

Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi tips buat anda yang sedang dalam tahap belajar gitar supaya makin semangat buat mutusin senar gitar.. (hhehe canda sob)

Tentu saja salah satu impian pemain gitar adalah untuk memaksimalkan permainan gitarnya. Memang ada banyak sekali tutorial yang harus kita pahami, baik itu berupa teknik bermain gitar, tips dan sebagainya. Terkadang kita sebagai pencari ilmu, khususnya di bidang gitar, kita tidak tahu harus memulainya dari mana.

Bermain gitar itu ibaratnya bermain catur, yang mana langkah awal adalah penentu bagaimana akhir dari permainan tersebut. Apakah kalah atau menang yang menjadi kunci penentu bisa smartkah kita bermain gitar sesuai dengan yang telah kita harapkan selama ini.

Kuncinya tentu saja adalah latihan dan terus latihan. Selama kita terus berlatih, semoga itu semua bisa tercapai. Tapi yang menjadi masalah bukan disitu. Mungkin pernah terlintas di benak anda atau pernah mendengar kata-kata seperti ini : “Kok bisa ya dia lebih jago bermain gitar daripada saya, padahal saya tuh belajar bermain gitar jauh lebih dulu daripada dia. Apa memang dia lebih berbakat daripada saya?”

Itu memang salah satu anugrah terbesar yang diberikan oelh Tuhan kepada kita, tapi bukan itu satu-satunya yang menjadi faktor penentu terhadap keberhasilan kita bermain gitar. Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut bisa saja terjadi dan umumnya menjadi penyebab hal yang sepele.

Berikut adalah faktor untuk mahir bermain gitar :

1. Fingering
Fingering atau biasanya yang kita kenal dengan penjarian adalah hal yang paling sering kita dengar dalam gitar. Pola fingering sangatlah sederhana sehingga membuat banyak yang menyepelekan hal tersebut. Memang kedengarannya sepele, tetapi menurut saya fingering menjadi faktor penentu kelenturan jari dalam bermain gitar. Di dalam dunia gitar, fingering itu termasuk seperti pemanasan di dalam dunia olahraga sehingga perlu pemanasan sebelum masuk ke dunia olahraga tersebut.

Fingering bukanlah hal yang sangat sulit untuk kita pelajari penerapannya. Terkadang yang menjadi masalah kita lupa mencoba untuk menerapkan fingering tersebut setiap pertama kali kita memegang gitar. Ya atau tidak?

Mengatur pola penjarian saat kita memainkan gitar memang tidak akan anda rasakan untuk saat ini. Tapi coba anda lakukan secara rutin maka saya akan jamin anda akan merasakan manfaatnya di masa yang akan datang.

2. Ketahui dan Pahami
Kita tahu yang namanya bermain gitar itu sangatlah erat kaitannya dengan menghafal baik akan chord, scale, guitar technique dan masih banyak hal lainnya. Namun ada 1 hal atau sisi yang tertinggal di sini yaitu kurangnya pemahaman kita terhadal hal yang kita pelajari tersebut. Misalny saja chord dasar, saya sangat yakin bahwa yang namanya chord dasar itu bukanlah menjadi hal yang rumit dan sudah menjadi sarapan keseharian bagi kita. Namun jika saya bertanya, apakah anda tahu bagaimana chord dasar itu terbentuk? Saya yakin tidak semua pembaca sekalian mampu menjawab pertanyaan yang sangat sederhana ini.

Yang namanya belajar bermain gitar itu apstia da tahapannya. Jadi bagaimana anda bisa memahami teori yang jauh lebih sulit kalau teori yang sederhan saja anda sudah kandas sampai disini. Maka tidak mengherankan jika nanti anda akan kebingungan untuk memahami teori yang lebih kompleks lagi.

3. Teruslah Mencari
Untuk mahir bermain gitar, tidak sekedar tahu sampai disana saja. Kita dituntut untuk aktif dan jauh lebih kreatif dalam meningkatkan permainan kita. Teruslah untuk mencari tahu dan mencari teknik permainan baik itu tips bermain gitar dan sebagainya. Tanpa adanya modal tersebut, sebaiknya anda sandarkan saja gitar anda kecuali anda bermain gitar hanya sekedar ingin menghilangkan penat atau hanya iseng saja untuk hiburan semata, maka mengetahui dasar chord saja itu sudah cukup.

4. Metode Latihan
Nah, ini tidak kalah pentingnya. Anda harus bermain gitar dengan tepat karena ketepatan juga menentukan kualitas musik seorang musisi. Bukan hanya sekedar, tapi sangat dianjurkan bermain dengan teknik yang benar.

 

Sekian tips dari saya, jika terdapat kata atau kalimat yang kurang berkenan di hati pembaca,saya selaku penulis meminta maaf untuk hal tersebut. Semoga tips ini berguna untuk mengembangkan kemampuan anda dalam bermain gitar.