Search for content, post, videos

Pertimbangkanlah Tempat Penyimpanan Gitar Anda

gitar-akustik

Hallo musicians. Apa kabar dengan pacar kayu kalian? Pacar kayu? Maksud saya gitar loh! 😀

Apakah anda sudah menyimpan gitar Anda dengan benar? Apakah Anda memperhatikan suhu penyimpanan dari gitar Anda? Nah, Saya akan membahas dan memberi tips untuk pacar kayu Anda.

Gitar terbuat dari kayu, dan kayu ini sangat responsif terhadap suhu dan udara di sekitarnya. Jadi, perhatikan hal ini di ruangan tempat Anda menyimpan gitar Anda. Apalagi gitar yang Anda miliki bukan sekedar gitar dengan harga ratusan ribu saja.

Biasanya setiap produsen gitar selalu memberitahukan suhu dan kelembapan yang ideal untuk menjaga gitar-gitar tetap dalam performa terbaiknya. Semuanya tentu saja tidak ada yang sama, tapi mirip terkadang. Jadi begini, kita ambil kasarnya saja, kira-kira suhu yang ideal antara 18 sampai 27 derajat celcius, dengan tingkat kelembapan udara tersebut sekitar 45-55%.

Anda pasti bertanya-tanya, mengapa demikian? Nah, karena kondisi tersebut cukup menengah (tidak terlalu rendah atau tinggi). Itu adalah tingkat suhu dan kelembapan yang ditentukan di ruangan untuk memproduksi gitar tersebut. kayu mereka telah disimpan selam bertahun-tahun dalam kondisi tersebut, dipotong dan dibentuk dalam kondisi tersebut. Intinya, misalnya gitar merek A telah disetting maksimal dalam kondisi pabrik A.

Apa yang terjadi saat mereka di luar kondisi pabrik? Misalnya dalam kontainer pengiriman, atau toko gitar yang sama sekali tidak peduli dengan kondisi dari ruangannya?

Pastinya gitar-gitar tersebut akan terasa tidak nyaman dimainkan. Entah neck-nya sedikit bengkok, dsb. Percaya atau tidak, gitar-gitar ini akan kembali ke kondisi maksimalnya seandainya dikembalikan ke ruangan yang menjadi tempat mereka, dimana dengan suhu dan kelembapan yang sama dengan tempat dimana mereka dilahirkan!

Jika Suhu dan Kelembapan di atas batas.

Kondisi seperti ini sering terjadi di musim panas, dimana suhu naik dan semuanya menjadi lembap, maka gitar akan menyerap terlalu banyak unsur air dari udara, dan kondisi gitar menjadi terlalu “basah”. Yang terjadi biasanya adalah :

  • Neck melengkung cekung
  • Action senar menjadi lebih tinggi
  • Cembung melendung (akustik)
  • Terlalu parah bisa menyebabkan retak
  • Senar dan Hardware dari gitar menjadi berkarat yang menyebabkan fret lebih mudah terkikis

Jika Suhu dan Kelembapan di bawah batas.

Kondisi seperti ini sering terjadi di musim dingin dimana suhu turun dan semuanya menjadi kering. Maka kondisi gitar menjadi terlalu “kering”. yang terjadi biasanya adalah :

  • Neck melengkung cembung
  • Fret buzz pindah dimana-mana
  • Neck menyusut, menyebabkan besi fret sedikt menonjol dan terasa sakit di tangan
  • Jika terlalu parah bisa menyebabkan retak

Karena di Indonesia tidak punya musim dingin, maka kita hanya perlu mengatasi 1 masalah saja, yaitu : jangan sampai gitar terlalu “basah” alias lembap.

Nah, untuk menjaga gitar tetap prima, saya akan membagi beberapa tips bagi kalian nih! check it out!

  • Beli termometer (suhu) dan Hygrometer (lembap) ruangan, dan taruh di tempat anda menyimpan gitar. Jangan beli yang murahan karena bisa tidak akurat. Belilah biasanya di tempat rumah sakit membeli. Jangan membayangkan harganya, akrena gitar Anda jauh lebih mahal!
  • Untuk Indonesia yang suhu terlalu tinggi, solusinya adalah nyalain AC. Tapi Anda tidak perlu nyalain AC terus menerus. Asalkan ruangan mempunyai siklus udara yang baik, dan jangan kena sinar matahari secara langsung.
  • Untuk Indonesia yang udara terlalu lembap, solusi paling gampang dan murah adalah membeli serap air. Sebisa mungkin ditaruh di dalam hardcase. Selain menghindari benturan, hardcase juga berfungsi sebagai ruang isolasi suhu dan kelembapan. Agar tidak terlalu lembap di dalam hardcase, bisa masukkan beberapa silica gel kedalamnya, jangan terlalu banyak.
  • Bersihkan senar dengan bahan kaos, sebelum dan sesudah Anda bermain. Fungsinya adalah untuk mencegah senar karatan. Karena senar yang berkarat itu akan meularkan karatnya ke hardware seperti fret, pickup dan bridge.
  • Ada yang berpendapat, jika tidak dimainkan, maka senar mesti dikendurkan. Hal tersebut bisa juga tidak harus Anda lakukan, tapi pastikan suhu ruangan tempat Anda menyimpan gitar itu baik.
  • Jika Anda membeli gitar baru, bawalah ke ruangan dimana ia akan tinggal. Biarkan saja disitu selama 2 minggu, sampai gitar itu dapat adaptasi dengan ruangan barunya. Setelah itu, barulah anda dapat melakukan setting pada gitar.
  • Gitar mereka apa yang Anda punya? Pergilah ke website tempat Anda membelinya. Cari tahu suhu dan kelembapan yang dianjurkan oleh mereka. Jika tidak dicantumkan, kirim email saja!
  • Ingat! Gitar Akustik lebih sulit dirawat dari gitar electric, karen kayunya lebih tipis dan rentan terhadap suhu udara.
  • Jangan pernah meninggalkan gitar di dalam mobil. kalian tahu kan rasanya masuk ke dalam mobil yang habis dijemur matahari? Seperti berada diatas Hotplate!
  • Kalau mau meletakkan gitar, sebaiknya jangan disenderin ke tembok atau sofa, atau ditidurin di lantai. Belilah stand gitar untuk gitar kesayangan Anda. Dan belinya jangan yang jelek, Kalau jatuh nanti Anda yang bakal nangis sendiri! Belilah yang modelnya menahan di headstock, yang gitarnya seperti melayang yang membuatnya tidak mendapatkan tekanan berlebih pada sisi manapun.
  • Selain untuk jangka panjang, menyimpan gitar dengan cara yang baik dan tempat yang baik, akan berdampak juga untuk jangka pendek seperti : senar yang lebih awet, hardware selalu kinclong, dan kondisi selalu prima.

Sekian tips menjaga gitar dari Saya dan ingat penyakit pada seorang musisi untuk tetap menyayangi wanita Anda. Karena jika wanita Anda mulai cemburu, maka tips yang Saya berikan juga tidak akan ada gunanya dikarenakan gitar Anda sudah pasti akan dirusakinnya. Hahahahaha