Search for content, post, videos

Brian “Rich Chigga” Rapper Indonesia Yang Bikin Dunia Kagum

new-hip-hop-star-rapper-Brian-Imanuel-Rich-Chigga-feature-1000x576

Aliran musik hip-hop masih belum membumi di Indonesia dan baru kalangan tertentu saja yang menikmatinya. Karakter musik hip-hop yang khas harus membutuhkan kepandaian khusus juga menjadi alasan kenapa rapper Indonesia nggak sebanyak penyanyi-penyanyi aliran musik melayu atau musik pop yang lebih bisa diterima.

Tetapi tepat pada Februari 2016 kemarin muncul rapper muda berbakat yang mendunia asal Indonesia. Cowok bernama Brian Imanuel yang populer dengan nama Rich Chigga ini berhasil membuat dunia hip-hop dunia terkagum berkat video musik Dat $tick miliknya yang telah mencapai angka hampir 10 juta viewers dalam waktu 5 bulan. Nggak hanya itu, muncul juga berbagai versi video dari para pengguna pengguna YouTube.

Indonesian-Viral-sensation-Rich-Chigga-returns-with-new-single-Who-That-Be

Namun ternyata cowok 16 tahun ini berasal dari Indonesia lho. Kemampuan nge-rap Brian pun diakui oleh dunia internasional sehingga tidak heran jika dia akhirnya punya banyak fans, tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari negara lain lho. Jadi pantas banget nih kalau kita diam-diam ingin pacar Brian, hehehe.

Brian pun disebut sebagai slaah satu fenomena dunia maya oleh ebberapa media asing. Seperti apa sih cowok yang bikin para rapper dunia ini menoleh? Dari pada kepo, yuk langsung aja kita cek!

Bomming Dalam Tiga Minggu

Nama Brian melambung berkat lagu Dat $tick. Dalam waktu kurang dari tiga minggu video dari lagu Brian sudah berhasil mencapai penonton sebanyak 600.000 dan jumlah views video tersebut sudah mencapai 6.8 juta. Brian kembali mengeluarkan lagu yang berjudul Living the Dream yang juga meraih banyak views.

Memiliki nama asli Brian Imanuel tetapi cowok ini memilih nama Rich Chigga sebagai nama panggungnya. Sebenarnya Brian agak sedikit menyesal dengan memakai nama ini tapi dia enggak bisa mengubahnya karena video kedua Living The Dream sudah terlanjur dibuat dengan nama Rich Chigga.

Rapper dan Komedian

Sebelum terkenal dengan lagunya Dat $tick sebenarnya Brian sudah aktif di Twitter dan Vine lewat video-video lucunya. “Fokus utamaku sebenarnya adalah Twitter dan aku membuat beberapa Vine yang kebetulan mendapat banyak like. Namun sebelumnya itu semua hanya hal sampingan saja. Aku sebenarnya sudah lama ingin bikin lagu rap tapi aku juga enggak akan pernah berhenti bikin komedi di internet karena itu sudah jadi bagian dari Brian Imanuel. Itulah yang membuatku jadi seperti sekarang dan itulah yang membuat orang-orang follow aku” ucap Brian.

Meski punya banyak video lucu, sebenarnya Brian enggak mau disebut sebagai komedian. “Aku enggak mau menyebut diriku komedian karena ada banyak hal yang ingin kulakukan. Namun yang paling aku suka adalah seniman yang bisa nge-rap dan komedian juga, seperti Tyler the Creator. Cowok itu jenius banget,” jelas Brian

Belajar Bahasa Inggris Dari YouTube

Dilihat dari videonya dan kemahiran Brian dalam berbahasa Inggris, banyak yang menyangka kalau Brian pernah tinggal di luar negeri atau sekolah di sekolah internasional. Namun anggapan ini salah besar karena Brian sama sekali belum pernah ke Amerika dan dia homeschooling. Kemahirannya berbahasa Inggris dan mengerti banyak soal budaya Amerika didapat dari hobinya browsing dan nonton YouTube. “Aku belajar Bahasa Inggris dari nonton YouTube dan latihan sendiri karena aku sering menghabiskan waktu sendiri. Hal itu berjalan sekitar empat tahun,” jelas Brian. Brian sama sekali enggak menyangka kalau video yang dia sutradarai sendiri itu bisa menarik perhatian banyak orang. Dia pun enggak pernah berniat untuk serius jadi musisi lho.

Dipuji Rapper Dunia

ghostface-killah1

Menjadi perbincangan di dunia maya terutama dalam kalangan penyuka musik hip hop tentu membuat para rapper dunia meliriknya. Beberapa di antaranya Ghostface Killah dan Desiigner yang memuji kreatifitas Brian dalam mengolah kata. Ghostface pun mengatakan kalau dia bakal menerima misalkan suatu saat diminta memproduseri dan me-remix lagu-lagu Brian.

Mereka juga nggak percaya kalau anak muda yang mengambil pendidikan homeschool ini berasal dari Indonesia. Karena logat dan pelafalan kata-kata yang diucapkan Brian saat bernyanyi dinilai sangat lancar. Bukan karena pernah tinggal di luar negeri atau belajar di sekolah internasional tetapi cowok kelahiran Jakarta ini mengaku bahwa bahasa inggris bisa lancar seperti karena dia belajar secara otodidak dengan menonton video youtobe. Brian pun memperlancarnya dengan berbicara dengan diri sendiri dan hal tersebut ia lakukan sekitar 4 tahun.

Karier bermusik Brian memang masih baru. Dia pun akan meningkatkan bakatnya ini dengan banyak membuat lagu. Berkolaborasi dengan musisi dunia seperti Lil Uzi Vert atau Father tentu menjadi harapannya. Kita doakan aja yuk yang terbaik buat Rich semoga bisa makin sukses kedepannya. Buat sobat yang ingin seperti Brian, ayo dong contoh kerja keras dan semangat juang yang tinggi dari sosok cowok ganteng itu, hehehe.