Search for content, post, videos

Perjalanan Gitar Dari Zaman Dulu Hingga Sekarang

111

Apa yang sudah anda ketahui mengenai Gitar? Atau anda adalah salah seorang yang mahir dalam bermain gitar? Siapapun anda, yang pastinya anda harus mengetahui lebih dalam lagi mengenai gitar tersebut. Kalau anda sebagai Gitaris, tentunya anda harus mengetahui seputar Gitar juga karena satu lelucon juga jika anda hanya bisa memainkannya dengan mahir, tapi tidak mengetahui pengertian gitar tersebut.

Pastinya anda terlebih dahulu sudah mengetahui bahwa gitar juga merupakan salah satu alat musik yang sudah ada sejak dulu dan dimainkan dengan cara dipetik dengan jari. Pada artikel kali ini, asal usul sejarah singkat gitar inilah yang akan saya bahas dengan tuntas. Yuk simak lebih dalam lagi mengenai gitar tersebut. Bagaimana awal mulanya gitar ini muncul dan berkembang hingga sampai sekarang ini.

Pengertian dan Asal Mula Gitar

gitar

Gitar juga merupakan salah satu alat musik yang berdawai dan dimainkan dengan cara dipetik atau dirambas menggunakan jari tangan. Gitar juga memiliki bentuk bagian tubuh dan lehernya dengan kombinasi senar yang pada umumnya berjumlah 6 buah. Gitar yang terbuat dari bahan kayu dan senar dari Nilon atau ada juga yang dari baja. Kalau gitaris, sudah pasti taulah ya mengenai bagian-bagian dari gitar tersebut. Nah, lantas bagaimana dengan asal usul kemunculan gitar tersebut. Tenang, saya bakal menjelaskannya juga. Begini asal usulnya.

Awal kata Gitar itu sebenarnya bermula dan berasal dari salah satu nama alat musik petik kuno Persia pada sekitar tahun 1500 sebelum Masehi dan disebut Citar atau Sehtar. Lalu seiring berjalannya perkembangan zaman dan menjadikan alat musik gitar yang bernama Tanbur. Kemudian bangsa yunani pun pada akhirnya mengembangkan lagi alat musik Tanbur Persia ini selama berabad-abad.

Akan tetapi setelah itu para bangsa Romawi juga ikut membawa alat musik tersebut ke daerah daratan Spanyol dan merubah namanya menjadi “Guitarra Morisca” yang memiliki arti gitar pembawa melodi dan “Guitarra Latina” yang untuk memainkan akor. Hingga sampai pada saat ini, jika anda melihat gitar tersebut. Maka begitulah sejarah singkat asal mulanya gitar tersebut. Setelah anda sudah memahami asal mulanya gitar, maka saya juga akan membeberkan gitar yang terbagi menjadi beberapa jenis juga.

Jenis-jenis Gitar

Berdasarkan dari perkembangan gitar yang sudah kita bahas pada sebelumnya. Maka gitar juga terbagi menjadi beberapa jenis yang diantaranya Gitar Akustik dan Gitar Elektrik. Mungkin anda masih pemula dalam bermain gitar, belum mengetahui dengan jelas mengenai hal semacam ini. Nah, kalau begitu mari anda simak lebih lanjut lagi gitar yang sudah terbagi. Berikut dibawah ini :

Gitar Akustik

13

Kalau Gitar Akustik ini merupakan jenis yang cara bermainnya dengan menggunakan teknik Fingerpicking Komprehensif pastinya. Gitar Akustik pada umumnya yang digunakan sebagai Instrumen solo dalam satu pertunjukkan. Bentuk dari gitar ini memang memiliki badan yang berlubang atau biasa disebut Hollow Body. Kalau untuk pemula, mungkin bisa saja untuk belajar bermain gitar dengan jenis semacam ini juga. Senar yang digunakan juga akan memengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik tersebut.

  • Suara senar diperkuat oleh bagian resonansi.
  • Gitar akustik memiliki enam senar. Namun beberapa gitar memiliki tujuh senar atau lebih.
  • Beberapa gitar menggunakan senar yang terbuat dari nilon dan yang lainnya terbuat dari baja. Gitar yang menggunakan senar nilon sering pula di sebut sebagai gitar klasik
  • Seluruh bagian gitar terbuat dari kayu. Hal ini tentunya membuat suara gitar menjadi lebih kuat dan lebih baik.

Gitar Elektrik

12

Nah, sementara itu pada Gitar Elektrik ini juga merupakan gitar yang memang memiliki badan yang padat atau bisa disebut dengan Solid Body. Dengan jenis gitar semacam ini juga memiliki jangkauan yang sangat luas sebagai instrumen paling utama dalam berbagai genre atau aliran musik. Seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock dan berbagai bentuk musik pop.

Gitar Elektrik diperkenalkan pada tahun 1930an dan bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Saya juga akan menginfokan bagian-bagian yang ada pada gitar Elektrik tersebut. Adapun bagian-bagian gitar pada saat ini, yaitu sebagai berikut dibawah ini :

  • Headstock atau kepala
  • Nut
  • Alat Pemutar
  • Frets
  • Neck atau leher
  • Heel atau penghubung
  • Body atau badan gitar
  • Bridge
  • Bagian Belakang
  • Soundboard
  • Bagian Sisi (samping)
  • Lubang Suara
  • Senar
  • Saddle
  • Fretboard

Bagaimana, apakah anda sudah mengetahui sejarah dan jenis gitar tersebut? Ya’semoga saja anda sudah mengetahui segalanya tentang Gitar. Sampai disini sajalah perjumpaan kita pada artikel kali ini yang singkat memperkenalkan gitar kepada pembaca sekalian. Semoga saja artikel ini bisa memberikan informasi dan bisa menambawah wawasan anda mengenai alat musik berdai tersebut. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih atas perhatiaannya, jika ada salah dalam pebnulisan saya mohon maaf.