Search for content, post, videos

Berimbau, Alat Musik Utama Beladiri Capoeira

be

Bambu merupakan tumbuhan yang sering kita jumpai. Bambu memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai alat transportasi yang biasanya digunakan untuk menyebarang sungai. Tidak hanya itu, bambu muda pun dapat dijadikan sebagai bahan makanan salah satunya dapat dijadikan sebagai sayur. Nah, tahukah kamu ternyata bambu yang semula hanya terlihat sederhana dan biasa saja tersebut bisa disulap menjadi alat musik yang cantik.

Alat musik yang terbuat dari bambu tersebut menghasilkan suara yang sangat merdu. Alat musik tradisional yang terbuat dari bambu memiliki banyak jenis dan masing-masing memiliki peran yang berbeda. Sama seperti alat musik pada umum nya yang memiliki bentuk dan ciri khas nya, alat musik yang terbuat dari bambu pun memiliki ciri khas dari setiap bentuk nya, seperti:

Angklung (Indonesia)

1.1

Angklung merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat, Indonesia. Angklung ini dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan. Suara yang dihasilkan pun sangat nyaring, khas dan menarik. Angklung biasanya juga dimainkan secara berkelompok.

Ocarina (Argentina)

1.2

Ocarina adalah alat musik tradisional khas negara Argentina yang memiliki bentuk unik. Alat musik khas Amerika Selatan ini terbuat dari bambu. Dibuat dari bambu yang dipotong kemudian dilubangi sehingga menghasilkan cara yang menarik. Nada-nada yang dihasilkan dari Ocarina tergantung dari besar kecilnya bambu.

Khene (Thailand)

1.3

Khene alat musik asal Thailand ini terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara ditiup. Suara yang dikeluarkan hampir mirip dengan suara bioala.

Shakuhachi (Jepang)

1.4

Shakuhachi alat musik khas Jepang yang banyak diminati dan dicari orang. Cara memanikannya sama dengan cara memainkan recorder yakni ditiup dan suaranya pun akan keluar.

Jika Indonesia, Argentina, Thailand dan Jepang memiliki alat musik tradisional unik yang terbuat dari bambu. Brasil negara dengan patung Yesus terbesar di dunia ini pun memiliki alat musik tradisional yang unik dan menarik. Yakni terbuat dari kayu yang dilengkapi dengan senar logam yang cukup keras. Alat musik tradisional asal Brasil ini sudah cukup terkenal sekarang ini. Bagaimana tidak, alat musik yang bernama Berimbau ini dijadikan sebagai alat musik utama dalam beladiri Capoeira. Beladiri yang dikenal dengan tarian dan musik nya ini memakai Berimbau sebagai alat musik pendukung nya. Mungkin bagi kamu yang belum tau tentang alat musik bantu beladiri capoeira ini bertanya-tanya apakah berimbau itu?

Berimbau

1.5

Berimbau adalah alat musik perkusi dengan senar tunggal berbentuk busur. Sejarah asal mula berimbau tidak terlalu jelas, namun kemungkinan besar asalnya dari Afrika, karena orang Brazil atau pun Eropa tidak menggunakan busur untuk alat musik. Bentuk berimbau identik dengan alat-alat yang dimainkan di bagian selatan Afrika.

Bahan utama pembuat berimbau adalah busur kayu yang bernama verga. Verga terbuat dari kayu biriba yang banyak tumbuh di Brazil. Panjang verga adalah mulai dari 1,2 sampai 1,5 meter. Verga dilengkapi juga dengan sebuah senar logam yang bernama arame yang diregangkan dengan maksimal dari jung verga yang satu ke ujung lainnya. Sebagai resonatornya adalah bagian yang disebut cabaca. Sebuah genderang kopong yang menempel di bagian bawah verga. Sejak tahun 1950 Berimbau Brazil selalu diwarnai dengan warna terang, sesuai dengan selera masyarakat Bahia.

1.6

Yang juga bagian dari berimbau namun terpisah adalah dobrao. Batu kecil atau koin yang digunakan untuk menekan arame untuk mengubah nada. Dobrao batu biasa juga disebut pedra. Selain itu ada juga bvaqueta. Sebuah tongkat metal yang digunakan untuk emukul arame agar menghasilkan bunyi. Sebagai tambahan, digunakan juga caxixi bersama vanqueta untuk menghasilkan bunyi yang berbeda.

Capoerista membagi berimbau dalam tiga kategori. Yang pertama yaitu Berra boi atau gunga. Ini menghasilkan nada yang paling rendah. Yang kedua adalah Medio dengan nada yang menengah. Yang terakhir adalah viola atau violinha yang memiliki nada tertinggi. Suara yang di hasilkan dari berimbau ini sangat enak dan cara bermainnya juga cukup unik. Yuk, nonton cara bermain berimbau dan suara yang dihasilakan dari alat musik tradisional asal Brasil ini: